Pages

Feb 2, 2011

biyyu's birth story


postingan ini saya buat waktu lagi mati gaya nungguin jam pulang. bukan gada kerjaan si cuman udah gak mood cos ruangan lagi sepi, bos gada (semoga doi ga nongol pas jam pulang, amin!), besok libur, daaaaaan yang paling penting adalah ini postingan pertama sejak... errr 3 bulan yang lalu?
*nyengir* ..hehe poto2 biyyu yang muncul di bulan januari ga saya anggep sbg postingan cos udah telat juga secara dia lahir di pertengahan nov.

ok, here we go..
kata orang proses melahirkan itu bisa lama apalagi anak pertama bisa berjam2. cuma saya bener2 gak nyangka klo proses melahirkan baby biyyu lebih dari 50 jam. hosh!

kamis, 11 nov 2010


pagi2 abis dadah2an sama mr.b yang maw ngantor perut kerasa mules kaya maw beol. masi belom curiga klo itu kontraksi cos hpl baby biyyu masih 2 minggu lagi jadi nyante aja masuk wc sambil nenteng komik. perasaan baru nongkrong bentar ko mulesnya ilang, akhirnya keluar lagi. begitu terus sampe tiba2 saya sadar, owmaygoat! jangan2 ini yang namanya kontraksi palsu ato (bahasa kerennya) braxton hicks.

mule deg2an sambil bertanya2 dalem hati masa sih aku udah deket2 maw ngelairin kan hpl tgl 24, maju banget dong, eh tapi asik ding cutinya jadi lebih banyak.
*ga maw rugi* *labil* abis itu saya mulai memposisikan diri sebagai perempuan hamil yang lagi kontraksi bukan perempuan hamil yg pengen beol. mules2 karna kontraksi JELAS lebih keren daripada mules2 karna susah beol. #ApaSeh

kontraksinya belom terlalu sakit
*sok* jadi seharian itu saya masih bisa tidur siang dengan damai *which was a big mistake karna harusnya JALAN or at least BERGERAK spy babynya cepet turun ke jalan lahir :P*

abis maghrib, perasaan kontraksinya makin kuat. makan, jalan,
nonton tv semua udah dilakukan sambil pringas pringis nahan sakit alhasil langsung kirim sms mellow eh ngancem ke mr.b yang isinya so pasti nyuruh dia buat pulang cepet.

entah karna nervous, deg2an or emang kontraksinya yang makin sakit, malemnya udah ga bisa tidur nyenyak. mr. b (sambil merem2) ngitungin jarak per kontraksi yang dateng ga teratur maju mundur kadang tiap 10 ato 15 menit sekali. dia udah ngajakin ke RS aja demi ngeliat saya nungging-miring-duduk-jongkok buat ngatasin rasa mules. tapi saya bersikukuh maw kerumah sakit klo tanda persalinan laennya keluar spt pecah ketuban or kluar flek. dats way daku bolak balik ke wc buat ngecek soalnya males banget kan udah jauh2 ke RS trus akhirnya disuruh pulang lagi gara2 persalinannya masih jauh. nehi ah!

jumat, 12 nov 2010

akhirnya waktu si flek darah yang dinanti2 itu nongol juga pagi2, saya mantab pergi ke rs. this is it. this is it. sampai sudah di hari akhir kehamilan saya.
waktu sampe di rs, dr inneke menyambut dengan ramah karna kebetulan hari itu emang jadwal kontrol kehamilan minggu ke 37-38.

pas saya cerita klo udah mulai mules, doi masih nyantai malah sempet bilang itu kontraksi palsu dan mungkin bakal nyuruh saya pulang ke rumah lagi (nyeh! tuh kan! tuh kan!) tapi pas dibilangin udah ada fleknya baru mukanya kliatan serius. cek dalam (yang ga enak) n cek usg mukanya tetep serius yang sukses bikin saya deg2an.


ternyataaa kata doi BELOM ADA BUKAAN SAMA SEKALI. takut dikira toleransi thd rasa sakit sedikit (padahal emang iya) saya lagi2 meyakinkan klo kontraksinya udah kuat dan jaraknya udh deket meskipun blm teratur, akhirnya dr inneke menctg saya.

thanks God alat bernama ctg itu membuktikan klo sakitnya kontraksi ini bukan boongan. cukup melihat dari hasil ctg dan bukti adanya flek darah itu akhirnya dr inneke memberi ijin buat nginep di rs, horee!!!! (nginep di rs ko seneng) etapi saya ga boleh hepi dulu karna bayinya blom turun ke jalan lahir jadi hari itu harus banyak jalan-jongkok-naik turun tangga-dsb. okelah yang penting ga disuruh pulang.


karna bener2 pengen lairan cepet-normal-dan selamat (ofkors!) seharian jumat itu saya nurutin dr inneke, jalan-jongkok-naik turun tangga tanpa henti yang berakiba
t kaki pegel tiada tara, jangan lupa masih ada rasa mules yang makin menjadi. terima kasih sebelumnya buat suamiku tercinta, mr. b yang tetap setia mijetin dan merelakan dirinya buat dicakar, diremes, digigit setiap 15 menit sekali klo kontraksinya dateng, hehe sun sayang selalu buat kamu honey :*

jam 5 sore dicek dalem lagi sama suster. berdoa dalem hati semoga ada bukaan. begitu doi bilang "SATU" langsung maknyes, eh tp ko cuman satu ya pdhal perut melilit bgt tp mendingan dah drpd ga ada *menghibur diri*. saya masih semangat jalan, jongkok, sampe nungging2 dan tetap menghipnotis diri sendiri klo sakit kontraksi adalah PROSES YG SANGAT WAJAR untuk ketemu my beloved baby. sempet juga smsin mba renns nanyain dlu gimana dia nglairin panji buat nyari dukungan, hehe.

jam 9 malem dr inneke sendiri yang meriksa dalem. udah PEDE banget bukaan nambah karna emang sakitnya nambah, tetep berdoa dalam hati smoga doi bilang 5, 6 ato 7 tapi ternyata dia bilang ..... "SATU SETENGAH"


ARRGGHHHH!!!! *mulai frustasi* *mau nangis*

"kita tunggu aja yah klo emang ga ada kemajuan mungkin kita ambil tindakan lai
n"

dr. inneke mang ga nyebut2 c-sect tapi saya hampir yakin 100% klo kata "tindakan laen" itu adalah c-sect *sotoy*.
klo emang harus c-sect cepat lakukan padaku dok, huhu..

gimana ga tergoda coba? kecapean, mules (pastinya!) dan 30% hampir putus asa (4 jam nahan sakit cuma dapet bukaan setengah?? how come!!) opsi c-sect jelas SANGAT menggoda iman. tapi saya kuat2in dan tetep konsisten ga mw minta c-sect klo masih ada kemungkinan normal. mr. b, mama, papa, n kintan yang dateng nengokin tetep nyemangatin siapa tau ntar jam 1 malem langsung lairan, huhu tapi ternyata tidak sodara2...


malem itu tetep ga bisa tidur. kerjanya bolak balik liat jam, atur napas, sama menghipnotis diri sendiri (again) untuk meringankan beban sakit. jam 1 malem suster ngecek lagi dan ketika doi bilang "bukaan 3" saya seneng banget apalagi pas dicek kedua kalinya sebelom subuh ternyata udah sampe di bukaan 5. horeee!!



sabtu, 13 nov 2010


sabtu pagi badan lemes luar biasa karna 2 malem ga bisa tidur nyenyak. ca
pe badan cape emosi juga nungguin bukaan. penderitaan makin lengkap sejak makanan ga bisa masuk dari semalem karna perut bawaannya mual jadi klo makan ujung2nya pasti muntah.

jam 6.00 tet saya dianter ke delivery room. 8 jam ada di sana rasanya kaya eternity while for mr.b (maybe) like a nightmare. ketauan bgt dari mukanya yg kliatan kawatir berat secara baru pertama kali ya doi nemenin perempuan yang mau lairan. fyi walopun sehari2nya kalem n tenang, yg namanya perempuan mw beranak itu bisa berubah jadi super galak, super sadis, or at least penuh dengan pikiran jahat untuk sekedar mencari pelampiasan rasa sakit. believe me, been there before :P

enihooo waktu tau delivery roomnya terletak di pojok muncul pikiran buat teriak sekenceng2nya klo kontraksinya dateng. cape banget jaim nahan sakit di ruang perawatan demi menyelamatkan harga diri, hehe. saya sendiri makin PEDE bakal lairan sebentar lagi. kenapa? karna semua orang bilang nunggu bukaan 5 ke 10 itu lebih cepet daripada nunggu bukaan 1 ke 5.

kenyataannya? ...CIH. TERNYATA SEMUA ITU GAK BENER!! saya butuh kira2 2 jam nunggu per bukaan. sakitnya?? huaaa jangan ditanya! disini bagian dimana saya nangis2, teriak2, even mengiba2 (akhirnya) buat minta disesar *maluuuu* *tutup muka* untung ga jadi :P


btw
di bukaan 6-7, masuk 1 suster buat ngecek detak jantung bayi pake dopler, saya langsung nodong obat bius.

Tya Mw Beranak (TMB) : "susteeer, saya mau pake epidural"


Suster Muda Gak Pengalaman (SMGP) : (ngecek2 sebentar di bukunya) "kayaknya ga bisa bu, soalnya ibu belom janjian sm dr bius, harusnya ibu bikin rencana persalinan dulu"

TMB : "KEBURU MULES TADINYA MINGGU INI MW BIKIN RENCANA PERSALINAAAAN"
(pas ada kontraksi, ngomong sambil teriak)

SMGP : "sabar ya bu, tunggu aja"

TMB :
"hiks... " *manyun* "terus gimana caranya supaya bukaannya cepet nambah sus?"

SMGP : "setau saya si ditunggu soalnya saya dulu juga lairan sesar" (sambil nyengir)

TMB : ... *nyiapain sendal jepit buat nabokin bolak balik si SMGP *

di bukaan 8-9, suster yang ngecek beda lagi. lebih tua dan kliatan lebih pengalaman. kerjanya masih sama, ngecek bukaan dan ngecek detak jantung bayi. waktu dia
bilang 8 saya tetep kasi pertanyaan yg sama.
TMB : *memelas* ...
"gimana caranya supaya bukaannya cepet nambah sus?"

Suster Tua Lebih Pengalaman (STLP) : "biasanya langsung diinduksi bu, lebih sakit tapi lebih cepat, cuma disini dr inneke ga ngasih perintah supaya diinduksi, katanya tunggu secara alami aja"

nyeehh!! gantian si dr. inneke yang pengen saya tampar

TMB : "duuh plis sus digimanain kek ini biar bukaannya cepet nambah, udah ga tahan" *setengah meringis setengah maw nangis*

STLP : "sini saya lebarin aja bukaannya biar jadi 9"
TMB : (dalam hati) "deym! kenapa ga dari tadi ajah sihh!!!"sejurus kemudian (halah) dia ngutak ngatik bagian "bawah", dia juga nelpon dr. inneke nanya apa boleh ketuban saya di pecahin. kayanya si ibu dokter mengijinkan soalnya abis itu saya merasa kaya ngompol. bersamaan dengan kontraksi yang makin suakit kit kit kit kit (itung kit-nya :P) tiba2 muncul keinginan ngeden luar biasa. kenapa luar biasa? karna saya ga bisa mengendalikannya. si STLP bilang jangan ngeden tapi saya (tetep sambil teriak) bilang ga maw ngeden tapi badan ngeden sendiri, klo dipikir2 lagi kenapa bisa begitu ya, hehehe.

di bagian ini saya (teteup) minta di c-sect lagi *maluuu*
mr.B udah pasrah, dia hampir manggil dokter pas tiba2 lilis, my curhat buddy, dateng dengan perut gendutnya (dia lagi hamil yaaaa) nyemangatin n ngajak ngobrol. for a moment, yang tadinya dunia saya penuh kesakitan, kekawatiran dan keputusasaan *lebay* begitu liat dia ngomong nyantai sambil ketawa2 bilang beruntungnya saya bisa menjalani persalinan normal tiba2 muncul energi baru, energi MARI KITA SELESAIKAN INI. #ApaSeh

singkat kata singkat cerita bgitu lilis pergi, sekitar jam 1an saya pengen pipis banget tapi herannya si pipis ga kluar2, pas dicek sm suster ternyata kepala baby B udah ada dijalan lahir. HORRAAAAYYYY!!! semua sibuk siap2, dr inneke dipanggil dan saya disuruh ngeden. aneh bin ajaib! saya sama sekali GAK PENGEN NGEDEN. ternyata tenaga dan kekuatan seorang ibu yg maw lairan diuji ditahap ini. bolak balik ngeden sampe urat pada nongol semua baby B ga kluar2, alhasil dr. inneke menggunting bagian itu dan akhirnya di jam 15.05 lahirlah baby Biyyu. alhamdulilaaahhhh...
tapi kenapa saya ga denger suara oe oe oe? ternyata baby B hampir keracunan aer ketuban jadi dia ga langsung nangis. huaaaaaa... gagal sudah mimpi saya untuk IMD karna baby B harus di sedot n langsung disinar. tinggal saya menghadapi tajemnya jarum & benang SENDIRI... sebenernya selain membangun kontak batin antara ibu dan bayi yg baru lahir, IMD berfungsi juga sebagai obat bius alami bagi ibu yg mengalami episiotomi (seperti saya). dan setelah babynya dibawa keluar, again saya teriak2 setiap tusukan jarum itu menembus kulit. dan sumpah demi apa setelah seminggu jaitan itu masih kerasa sakit sampe rasanya pengen nangis terus2an. mungkin inilah sebab utama saya kena baby blues. eh apaa? kamu bilang saya cemen n aer mata saya cetek? dr inneke bilang dia ngabisin 2 rol benang buat mengembalikan saya seperti perawan lagi, gimana ga sakitnya berminggu2 tuh, hahaha.

my precious baby boy :')

nah moral of the story is (yg akan menjadi catatan penting buat saya juga :P) :

  • klo udah mendekati hpl jgn byk tidur siang, harus rajin jalan sm jongkok
  • bilang jauh2 hari sm dokter klo maw pake epidural
  • sering2 senam kegel klo ga mw kena epiosotomi lebar2
nah klo saya ditanya gimana rasanya melahirkan normal? saya bakal jawab : sakit buanget tapi sakitnya bisa ditahan dan jadi gak seberapa dibanding rasa bahagia bakal ketemu the most precious gift in our life. have a good day every one! :) 
 

8 comments:

tri budiarto said...

baca cerita kamu aku jadi inget hari itu lagi detik demi detik,ruangan itu lagi...kamu yang ud hampir...bayi biyyu yang ga nangis...sedih jadinya...tapi semua lengkap dari pertama kali pacaran sampai sudah punya bayi biyyu...semua kita lakukan bersama cuma berdua...ga ada orang lain...sekarang kita sudah bertiga sama biyyu yang montok...
semoga itu semua bisa jadi energi buat perjalanan kita yang insya ALLAH masih panjang...Love U & Biyyu Always

yudhi puspa tya said...

aahhh sayaaanggggg... jadi speechless nih... :')
aku mw bilang satu kata aja deh AMIN dan CINTA KAMUH BANGETS (hehe bonus 3 kata lg) :* :* :* :*

e v v a said...

aiiiihh.. malah sayang-sayangan di siniiii.. hihihi
Terharu bacanya Ty..

yudhi puspa tya said...

hihihihi... *panggil mas abub* *suruh nyium mba evva* :D

anggi said...

jadi pengen denger ceritanya langsunggggg, yuddd..seru dan lucu sekaligus terharuuu bgttt yuddd.... ^^

yudhi puspa tya said...

heheheh gudlak ya anggi dear... smoga lo mengingat tips2 dari gw n lairan lancar jaya amiiinnn!

yunisrikandi said...

misi...numpang nanya..mba tya ke dr inneke di RS mana ya? inneke sirowanto kah? aku lg 6 bulan ni..dan cek sm dy...pgn tawu dr inneke pro normal apa gak...

yudhi puspa tya said...

iyah betul dr inneke yg itu mba yun, aku ga taw dia pro apa engga karna aku dr pertama udh wanti2 sm dia mw lairan normal, gudluck ya kehamilannya moga lancar :)