Pages

Jun 18, 2013

ayo (biyyu) sekolah



yuhuuu.. akhirnya tiba juga saatnya saya pusying milihin sekolah anak.

saya bukan termasuk tipe emak2 perfeksionis yang anaknya punya standar khusus ibu2 jaman sekarang. biyyu ASI eksklusif tapi pas umur 4 bulan doi sempet dicekokin pake bubur susu nestl* sama mama mertoku gara2 emoh ngedot. setelah setaun lebih mimik ASInya di combine sama sufor gara2 produksi ASI saya turun dan uht dilepehin terus. saya juga tetep jadi WM dan walopun komit untuk masak setiap hari, masakannya suka saya kasi msg alias m*sako.

banyak deh ketidak idealan saya sebagai ibu klo mw di compare sama standar supermom jaman sekarang. well.. bukannya standar2 itu jelek cuma klo disaya malah bikin stress. don't get me wrong ya saya mw banget berusaha ngasi yang baik2 tapi klo keadaannya suka gak sesuai, haduww yang ada malah mewek di bawah pancuran aer #banci curhat mode on hihi.

eniweihbaswehh.. sama halnya dalam milih sekolah buat biyyu. honestly saya ga silau (meeenn!! halah!) sama sekolah yang berlabel macem2. saya percaya semua metode bagus tapi buat saya sekolah untuk bocah harus simpel, fun dan deket. karena saya tinggal didaerah serpong makanya saya ngincer sekolah2 di daerah bsd. 

di bsd cukup banyak sekolah yang bagus, mw yang mahalnya amit2 kebangetan ada, yang sesuai kantong insyaAlloh ada. sebenernya sih tadinya kita ga berniat masukin biyyu ke plegrup, lebih pengen masukin dia ke sanggar kreatif ato kursus musik (kaya pandjinya mbak rencey yang gape maen drum) tapi berubung sanggar kreatifnya berubah jadi sanggar balet dan biyyu kayanya angot2an sama alat musik (doi pan keranjingan robotan maak) jadi yoweslah semua cuma jadi wacana.


tapi akhir2 ini wacana itu pengen saya wujudin jadi kenyataan karena makin kesini biyyu ngomongnya makin criwis, gerakannya makin aktif dan jadwal bobo siangnya perlahan tapi pasti berubah jadi bobo sore. kebayang dong akibat bobo sore tidurnya jadi malem, bangunnya siang dan ada hari2 dimana doi juga skip bobo siang yang mana bikin emosinya jadi labil trus tiba2 krengki. si alarm mama macan saya mulai bangun dan merasakan kayaknya ada sesuatu yg ga beres. 

kita berdua sepokat eh sepakat kayaknya si bayi kecil ini udah mulai kelebihan energi tapi gak punya penyaluran. makanya dimasukin plegrup mungkin salah satu solusi cerdas. tapi plegrup yang mana yaaaa... di bsd ada sekolah masterpiece dan rumah montessori, cukup tertarik tapi begitu saya gugling tempatnya masih di dalam rumah biasa (dengan beberapa penyesuaian) saya jadi mundur perlahan karena sebage arsitek (ehem) kami percaya suatu ruangan bisa mengkayakan jiwa dan memacu kreativitas (duileh).

pilihan berikutnya adalah sekolah al f*th dan sekolah alam al m*dinah. yes semua islami karena di bsd kebanyakan sekolah swasta berbasis agama. pertama dateng ke al f*th entah kenapa saya langsung klik. emang sih secara umum bangunan sekolahnya ga terlalu besar tapi ga tau deh klo udah klik rasanya semua udah paling bener ya. cuma sayangnya taun ini biyyu ga bisa langsung masuk karna KB (Kelompok Bermain) B-nya udah full. mereka buka pendaftaran dari november taun lalu (hiks!) paling mungkin biyyu daftar november taun ini untuk masuk di bulan juli taun depan. 

kecewa pasti, tapi yawdah mungkin emang belom jodoh. kita lanjut lagi survey ke sekolah alam al m*dinah. lokasinya yang lebih jauh dan agak2 masuk dari jalan raya (sekolah alam getoohh, what do you expect? deket pintu tol?) bikin saya kurang bersemangat. begitu sampe ternyata gak sehijau dan selapang yang saya kira. sebenernya biyyu bisa langsung masuk karena hari itu pendaftaran terakhir dan besok langsung tes. tapi akhirnya ga jadi karena menurut pak suami terlalu terburu2 apalagi UP 2x lebih mahal dari sekolah pertama. ada lagi sih yang bikin saya kurang sreg yaitu kelas KBnya saya lihat langsung berdekatan sama area parkir. kok kesannya kurang nyaman dan berpolusi, jadi dadah babay.

soo, hasil hari itu gagal kabeh hahahahhuhuhuhu T_T

masi akan maen bumblebee2an sampe taun depan

sebenernya pengen nyari2 lagi di sekitaran bintaro tapi kok ambisius banget yak ngejar plegrup doang dan seperti melanggar prinsip sekolah bocah versi saya. mungkin biyyu emang harus daftar di al f*th taun ini untuk KB B diumurnya nanti yang nanti hampir 3.8 taun depan. berarti ntar masuk sd doi umurnya 6.8 taun atau hampir 7 taun. awalnya saya ga sreg, takut biyyu tua sendiri di angkatannya (alesan yang ga penting banget haha) tapi atas pencerahan dari mbak renny (muahmuahkasih mbaakk :*) saya jadi sadar kenapa masuk SD sekarang lebih membutuhkan kesiapan mental si anak.

ya karena SD sekarang sama SD yang dulu beda sekaliii. bayangin aja buku pelajaran murid SD kelas 1 sekarang isinya udah soal cerita semua dengan kalimat yang panjang2  dan soal hitungan. bukan sekedar 1 + 1 atau ini budi. sementara jaman dulu pak suwami gak pake TK langsung cuss masuk SD maka dari itulah tulisannya jelek hihihi #aposehhh

4 comments:

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

semangat bundaaaa :)

Kiky said...

mbak, salam kenal yaaa! :D Aku pas blogwalking ketemu blog ini, dan zuper suka sekali sama rumah dua phon kalian. Hangat :)

Itu biyyu main di Giant Pl,ayground SCP y mbaak? Itu di perumahan kami *penting banget :P

Semangat y mbaak cari sekolahnyaaa :D

isyana said...

tya... udaha lama ga jalan jalan kesini udah banyak posting liburan aja.. seru yak ajak biyyu jalan jalan, pingin ajak sali juga.

eh btw se-iya banget soal "don't get me wrong ya saya mw banget berusaha ngasi yang baik2 tapi klo keadaannya suka gak sesuai" sali lebih parah lagi.. 40 hari udah kasih sufor.. bukan karena susu ga keluar, tapi karena ibunya udah masuk kerja.. yasok campur deh. mau berdarah darah kita nangis juga keadaan yang mungkin cuman begitu yahsuw lah ya.. telen aja.. makanya abis itu profile di blog diganti jadi call me irresponsibble... hihihih.. karena seberapa maximalya kita usaha, atau segimana pun kita pilih yang terbaik, people will still judge ;)

yudhi puspa tya said...

@ hani : makasih haniiiii :)

@ kiky : iyah ko tau sih biyyu maen disitu, emang beda ya klo perumahan sendiri langsung apal ^^

waa makasi, kita juga suka banget sama rumah 2 pohon. rumah akhtar dan kirana juga hangat karena kita sendirilah yang bikin hangat. let's make our house is a home hihi

@ yana : aiih ayo tos dulu ibu sali!^^
aku udah lama ga terlalu strict sama aturan2 parenting yang umum di forum emak2. semuanya pake insting aja kecuali klo dah mulai clueless baru gugling2 lagi.

ooo jadi gitu cerita irresponsibllenya, hahaha udah deh ga usah peduliin omongan orang, biarin aja yg penting hepi. membesarkan anak yang hepi itu harus dengan ibu yang hepi juga :D