Pages

Aug 1, 2013

resep masakan kenangan : pepes ikan mas

  

buat saya berhasil memasak pepes ikan mas yang enak adalah suatu prestasi tersendiri dalam dunia rumah tangga kami. abisnya buat mr. b masakan ini keramat karena merupakan masakan andelan dan favorit sepanjang masa yang selalu dimasak sm ibunya. boleh dibilang masakan dengan kenangan dan memori yang kuat *duileh segitunyahhh*

to be honest saya bukan penggemar pepes ikan mas. walopun dulu langganan makan di warsun dan si papah selalu makan pepes ikan buat saya rasanya gak special2 banget, biasa. tapi semua itu berubah pas pacaran sama mr. b waktu saya nanya makanan kesukaannya apa. doi bilang pepes ikan mas ibunya. buat dia gak ada pepes ikan yang enak selain buatan ibunya. saya pikir oh mungkin karena YANG MASAK ibunya jdnya enak tapi eh emang seenak aposehhh..

sampe tiba akhirnya saya beneran ngrasain sendiri masakan mama mertua yang ini dan emang ENAK banget loh. beda sama pepes ikan yang pernah saya makan dulu. mungkin karena bumbunya medok, dan daun kemanginya banyak (fyi, saya gak pernah doyan makan kemangi until i ate kemangi in the pepes ikan si mamamer). metode masaknya juga bukan dikukus melainkan dimasak dalam wajan yang udah dikasi mentega sdikit jadi ikannya gak berair seperti pepes2 lainnya.

karena merasa ini masakan special banget saya jadi gak pernah punya keberanian eksekusi (padahal udah sering blajar) karena oh karena selain takut gagal bikinnya kliatannya ribed pula. si pak suwami ga brenti nyuruh2 saya nyoba masak ini sampe disuatu hari, si mamamer beliin ikan dan bilang: "udah sono masakain pepes buat mas b" dan eng ing eng tiba2 saya kutak kutek didapur dan bikin pepes ikan hihihi. eh hasil perdana enak loh, saya dapet pujian, yay seynang!

nih saya bagi resep dan cara masaknya

bahan: 
2 ikan mas ukuran sedang (pilih yang bentuk perutnya 'bulat' karena kita akan menggunakan isi perutnya, tapi kluarin dulu empedunya biar gak pait *minta bersihin ikannya mamang ikan ajah*
2 lembar daun pisang yang lebar (saya beli 2 ribu dapet 2 lembar daun pisang yang panjang)
4 batang sereh (belah2 jadi 2)
daun kemangi (saya beli 3 ribu seiket yang banyak)

bumbu halus:
12 bawang merah          (@ikan = 6 bwg merah)
8 bawang putih              (@ikan= 4 bwg putih)
10 kemiri                        (@ikan = 5 kemiri)
2 ruas jari jahe
3 ruas jari lengkuas
4 ruas jari kunyit
2 sdt ketumbar bubuk   (@ikan =1sdt ketumbar)
6 cabe merah                 (@ikan = 3 cabe)
8 cabe rawit                   (@ikan = 4 rawit)
2 tomat ukuran kecil, buang daging tomatnya spy tidak terlalu berair  (@ikan =1 tomat)

cabe merah, rawit dan tomat direbus slama kurleb 3 menit biar nguleknya gampang, baru dicampurin keulekan bawang dan jgn lupa ditambah garam, gula dan penyedap rasa secukupnya (dijilat2 dikit aja biar tau rasanya pas)

cara masak:
1. ambil daun pisang 3 lembar (harus rangkap 3 ato tebel soalnya kan gak dikukus jd pas proses masak akan gosong2 dikit tapi ikan aman dan mateng sempurna)
2. ambil kemangi, kasi irisan sereh, bumbui bagian sisi ikan (bagian perut dan insang jgn lupa dikasi bumbu juga)
3. letakkan sisi ikan yg sudah dibumbui diatas kemangi dan sereh, baru bumbui sisi satunya lagi
4. berikan kemangi sampe menutupi seluruh bagian ikan
5. bungkus dengan daun (saya pake tusuk gigi, tapi pake staples bisa juga)
6. panaskan hepikol / teflon yg ada tutupnya kasi 2 sdm mentega dan letakkan bungkusan ikan, tutup rapat.
7. enaknya pake hepikol bisa dibalik tanpa harus buka, tapi kalo pake teflon biasa bisa juga dibalik pake capitan
8. masak kira 45 menit pake api kecil  sampe matang. balik pepesnya 1 kali saja, pas menit ke 20 atau 25
9. matikan api dan sajikan dengan rebusan labu kecil. hmm nyammeh!

note: daun pisang akan gosong2 sedikit, karena proses pemasakan tidak dikukus, tapi its ok, itulah fungsi ikan dibungkus daun pisang 3 rangkep.


okeh sgitu aja ah! dicoba yah :)

No comments: