Pages

Oct 25, 2013

baja untuk rumah dua pohon

 

tadi nemu link yutub penjelasan desain rumah bajanya pak djuhara, 
hey pak suwami nih patut dilihat :)


rumah 2 pohon dibangun waktu kami masih cupu sekali soal bangunan. betul kami mendesain dan menggambar, tapi arsitektur tidak melulu bicara tentang desain dan gambar. melainkan tentang perilaku, manusia, cahaya, material, detail, udara, bayangan, air dan elemen2 lainnya. karena masih belajar, rumah ini tidak sempurna, ada yang bocor, ada yang melendut, ada yang retak, ada yang tidak halus, ada yang berjamur, ada yang pecah, ada yang mampet yang semuanya membawa pelajaran bagi kami bagaimana membangun sebuah rumah yang baik dan benar. 

karena keterbatasan dana, rumah kami rencananya dibangun dalam 3 tahap. yang kami tempati sekarang adalah tahap pertama, tahap keduanya adalah pembangunan kamar tidur utama dan kamar tidur anak, sedangkan tahap ketiga adalah perluasan studio dan pembangunan roof garden karena kami ingin menjangkau hijauan sedekat mungkin selain ingin mengganti jatah tanah yang kami pakai untuk bangunan. 

pembangunan tahap 2 rencananya akan menggunakan sebagian halaman belakang. agar tidak terlalu banyak menggunakan space halaman maka bangunan akan dibuat 2 lantai dengan material baja. material ini dipilih karena kami ingin mencoba menggunakan alternatif bahan bangunan yang sustainable, mudah dibangun secara struktur, efisien, ringan dan unik. dengan menggunakan baja, karena kolom baloknya fabrikasi, harapannya sih halaman belakang yang tidak terkena pembangunan akan tetep rapih selama proses tahap 2 nanti. bisa dibilang kami kembali cupu mengenai material ini, tapi penjelasan desain rumah baja dari pak djuhara diatas mencerahkan saya sekali hari ini. terimakasih pak dju... :')

2 comments:

isyana said...

*nyimak. ga sabar liat rumahmu tumbuhnya seperti apa ^^

yudhi puspa tia said...

haha akupun yanaa... makasih yahh :*