Pages

Mar 9, 2012

inspirasi rumah 2 pohon


beberapa designer mendapatkan inspirasi melalui melihat, mengagumi, mengamati kemudian memodifikasi inspirasinya menjadi sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih fit dengan desainnya. bentuk inspirasi ini bisa macem2, dari hal yg paling sederhana misal benda yg dapat terlihat atau teraba langsung sampe hal yg paling rumit yaitu filsafat atau pemikiran khusus. tergantung gimana tujuan desain dari si designer itu sih.

disini saya maw membagi INSPIRASI desain saya dalam merencanakan rumah 2 pohon, si rumahku istanaku itu. penasaran kaannn? hehe (harus!)

1. stone creek camp design by andersson wise (buat fasad)


sebelum liat rumah perisitirahatan yg di desain andersson wise ini saya gak pernah mikir susunan balok2 kayu yang ditopang pake plat besi dan ada semak2 diatasnya bisa jadi fasad yang kereeennn bangetttt!! gabungan antara hard n soft material yang cantik, kliatan sederhana tapi menyihir. gak perlu polesan macem2 untuk kliatan keren cos the materials speaks by it self. langsung nunjukin gambar ini ke mr.B dan tentu saja dia juga langsung jatuh cinta. oke deal! fasad rumah 2 pohon pake susunan kayu2.

kebetulan di site rumah 2 pohon ada 1 pohon yang udah doyong, jelas membahayakan jd batangnya bisa dipake buat fasad. pe er selanjutnya gimana cara nyusun si balok2 kayu itu, secara kayu2 stone creek camp ini kan dibelah2 pake kapak. sementara saya aja gak yakin pernah ngeliat bentukan kapak beneran. satu2nya imej kapak yg saya inget itu ada di novel wiro sableng 212 XP. akhirnya kita pake cara primitif, motong kayu pake gergaji trus dijemur ampe semua kulitnya pada nglotok baru di pelitur. masalah nanti nempelinnya gimana harusnya bukan masalah ya selama susunannya pas jd semua bisa saling mengikat. seru gak siiihh kaya lagi nyusun puzzle raksasaaaah. uuuhhh can't wait!!

si bunderan2 kayu yg sedang dijemur 
cmon babies, cepatlah kering

rencananya mw dipasang kayak gini, semoga bisa!!

2. elektra bakery design by studioprototype via coolboom (buat dapur)


pertama kali saya lihat desain elektra bakery saya langsung batin "saya maw dapur yang kek gini!"

dengan space yang tidak terlalu besar penggunaan window box jadi solusi yang cermat dan cerdas dalam menyiasati aliran udara sekaligus sebagai serving area. cocok banget buat rumah saya yang emang (rencananya) gak punya ruang makan. looks so simple yet very stylish!! dan bersiihh!

buat beberapa orang desain bakery ini mungkin kliatan sedikit maskulin gara2 window boxnya yang berwarna hitam. but black is the new red! untuk aksen2 di ruangan saya emang lagi tergila2 sama hitam (eh merah masih juga ding *labil), n thanks ya Alloh mr. b soooo okey with it. hihi




saya sendiri gak menggunakan warna hitam untuk window boxnya karena di desain aslinya dinding kan di cover pake papan kayu jadi tetep kliatan homey. sementara saya pake cat putih jadi warna kayu untuk window box harusnya sempurna!! warna hitam buat top table dan backsplash dapur aja. mungkin saya juga mw pake warna merah buat rak piring biar meriah. uhh syenang! :)))

3. the gourmet tea design by alan chu via coolboom (buat dinding r. keluarga)


saya lagi suka sama warna putih, dinding putih sih tepatnya. dalam ruangan, dinding putih ini mirip kaya kertas putih besar yang siap di tuangin macem2 warna2. bayangin warna sofa yang merah, gorden ijo, karpet ijo pupus, lantai abu2, lampu hitam, woooohooooo!!! meriahh!! tapi klo semua 4 sisi dinding putih teksturnya mulus mulus aja kliatan kurang nendang yes, salah satunya mesti dikasi tekstur untuk memperkaya suasana ruang itu sendiri.

thats it! begitu liat tekstur dinding bata ekspos yang dicat putih ini lgs sukak (pake K biar manteb) karna kliatan simpel, seger juga modern. apalagi interiornya ditiban sama warna warni lampu, aaaakkk! lucuk banget kan yaa!! daan iyess pastinya saya bakal bikin drop ceiling kaya gourmet tea ini di rumah 2 pohon. *biggrin


dinding bata ekspos bercat putih impiankuhh

udah ya segini dulu klo dilanjutin nanti makin ketawuan klo semuanya hasil comotan sana sini hihi. satu hal yang masi kurang adalah di rumah ini belom ada bau2 vintagenya
since am a sweet lil vintage babe. entah kenapa ide saya ttg vintage2an ini gak lulus sensor dari mr. b. ih sebel! ngerayunya harus lebih niat nih terus selama ga banyak2 mungkin doi bakal setujuh yaa, semogaaaa... :)

2 comments:

titiw said...

Idenya keren2 gilaaaaa! Ah, kamu arsitek yang super keren ya.. Mengimplementasikan ilmu di kehidupan nyata, jadi sangat berguna deh beb.. ;)

yudhi puspa tya said...

ahhh dirimu terlalu memuji say pdhal sih iya *sibak krudung* *ditimpuk*
hihi ini sebenernya mengkompilasi ko dear, duhh pen cepet2 semuanya terwujud!! amiin :o)