Pages

May 22, 2013

tentang banjar tabola di desa sidemen


tujuan utama liburan kita kali ini adalah desa sidemen yang teletak di kabupaten karangasem bali bagian timur. ada apa di sidemen? ketenangan misterius dari alam yang memiliki keindahan yang spektakuler. lebay? biarin! :D

sudah lama bali terkenal dengan keindahan sawah berterasnya. tentu saja dari kartupos2 yang bergambar tegalalang di ubud. pas gugling2 ko tegalalang jadi rame banget dan terkesan kumuh karna banyak kios dadakan yg muncul dipinggir jalan. blom lagi rate hotel2 di ubud yang menyajikan pemandangan langsung sawah berteras muahil2, ah yaudinlah akhirnya gugling lagi ketemu juga desa sidemen dan berkat baca blog mbak rika ini kita jadi mantep mw kesini, and that was worth for everything!

memang daerah sidemen ini cukup jauh dari tujuan wisata terkenal di bali lainnya yang rata2 ada didaerah bagian selatan. tapi keindahan alam desa sidemen (termasuk villanya) kayaknya udah bikin males kemana2 juga. 

sayangnya kemarin kita ambil flight siang dari jakarta, jadi sampe bali udah sore. abis gimana dong flight siang itu yg paling murce huhu. gara2 mampir dulu ke krisnha nyari oleh2 kita baru keluar dari kuta sekitar jam stgh 7. manalah pake acara macret, haduh bali jangan sampe kek jakarta dong. 

gara2 macret itu pula akhirnya kita baru mendarat disidemen dan cek in di sawah indah villa jam stgh 9. badan udah cape banget secara pak nyoman yang nyetirin ngambil rute yang agak2 beda nglewatin jalan kecil berliku dengan tanjakan curam. dan gak ada penerangan jalan umum. dan doi bolak balik turun mobil tanya2 sama orang kemana arah sidemen. matik nih nyasar. tapi untungnya gak karna ternyataaaaa hotelnya (dan kumpulan hotel lainnya) ada didaerah yang namanya dusun/banjar tabola yang masih agak jauh dari pusat desa sidemennya. yeah u may call it... rural :)


kita nginep di sawah indah villa, sesuai ulasannya mbak rika, villa ini punya rangking yang bagus di tripadvisor dan roomratenya lumayan bersahabat sama kantong hihi. and surprisingly cek in di sawah indah villa gak pake ribed. malah beneran gak kaya cek in. karna begitu kita dateng kita langsung dianter kekamar yang udah dibuking (waktu itu deluxe room yang dibagian timur) gak pake konfirmasi alamat, nyerahin kartu kredit or even deposit! seneng banget dihargai dan dipercayai begitu, saya langsung merasa rilex n the best part was kamarnya bagoossssh!! jendelanya besar, balkonnya ada dua dan karna terletak dibagian paling atas dan timur pemandangannya jadi maksimal banget. bahkan udara segar yang berhembus di malam hari rasanya udah bawa kedamaian, hihi..

disidemen ngapain aja? sebenernya dari hotel ada top ten kegiatan yang bisa dilakukan disidemen, berhubung kita bawa biyyu jadinya kita cuma bisa ambil kegiatan trekking ke sawah dan sungai dan kliling2 banjar tabola. sepanjang perjalanan biyyu gak mw jalan mwnya digendong. dan selalu mw nemplok sama ibu. digendong mr. b doi ogah, padahal katanya muka saya udah berubah warna jadi pink gara2 jalan sambil menggendong. ya iyalahhh jalan kaki 6 kiloan gendong bocah 15 kilo gak pake gendongan pulak, bukan cuma muka aja yang pink, sebentar lagi bisa pink sun beneran.


untung sepanjang perjalanan pemandangannya bagus, air sungainya jernih dan sueger (sayang ga sempet cibang cibung disitu padahal mr. b n baby b udah bawa celana ganti), apalagi dijalan saya sempet mampir ke suatu rumah yang ternyata memproduksi ubin2 klasik jaman dulu. kyaaaa!!! ubinnya cantik2 jadi pen nyulik semua. hah! ngiler tudemeks deh! gara2 gak kuat jalan (sambil gendong) akhirnya kita mampir dulu di restoran villa lihat sawah. niatnya cuma minum2 akhirnya jadi makan2 itung2 cari variasi lain dari makanan yang disediakan di sawah indah villa.

abis makan melanjutkan perjalanan lagi ke villa yang ternyata masih cukup jauh. ih dasar padahal bli komang, guide kita waktu itu, bilangnya villa kita udah deket. sepanjang perjalanan beberapa kali ketemu sama turis2 asing yang kebanyakan dari perancis. begitu berpapasan bulai2 itu ramah2 apalagi warga desanya, duh jalan2 kliling desa ini jadi jalan2 yang berkesan banget buat kita. 


selama digendong mata biyyu udah sayu, kepalanya senderan didada terus, semacam udah ngantuk berat, buru2 deh balik ke villa, tapi begitu sampe kamar doi malah ga bisa diem, ampyuuuuuun deh!! (jilid 2). akhirnya gantian shift angon bocah sm mr.b. saya istirohat while doi ngajak biyyu jalan2 sekitar villa. pengen sih spa2 gitu kan dari hotelnya juga nyediain tuh tapi b boys ini tampaknya gak mw ditinggal lama2 sm ekeh. ih kaliyan dasar!

oiya sebenernya ada satu lagi kejutan menyenangkan dari sawah indah villa. ternyata mereka sudah punya kolam renang sendiri, memang masi baru banget selese dibikin wong pagi itu aja ada mamang2 yang ngecet dek kayunya pake pelitur tapi pas siang udah pada pulang. biyyu gak sabar pen berenang, dan akhirnya kita menghabiskan sore itu dengan berenang2 lucu. manalah kolamnya sejenis infinity pool gitu yang dari sudut manapun kliatan cantik. truly slice of heaven! :D

pengen deh balik lagi kesini, semoga bisa bener second honeymoon disini. walopun banyak yg ngeledekin jalan2 kali ini second hanimunan tapi kita ga mengkategorikan itu abisnyaaaa mw indehoy ada bocah yg sliweran lari2 sambil loncat2 didalem kamar belom lagi matanya susah banget dibikin ngantuk hihihihi



2 comments:

ega said...

yahee
gw bs membayangkan muka binar-binar lo pas lg liat tegel kunciii! hihihihi

yudhi puspa tya said...

BANGETTTT!! X))

dan pak suwami udah ngijinin masang tegel2 ini someday didapur gw gah, superyay! hihi