Pages

May 27, 2013

desa penglipuran


desa penglipuran adalah desa lain selain sidemen yang menjadi tempat tujuan kami di bali. akhirnya saya mencoret bali zoo or bali bird park karena letaknya cukup jauh dari sidemen apalagi biyyu juga tipe bocah yang gak terlalu IN to the animals so jalan2 kali ini mw ngeliat langsung rumah tradisional bali.  

egois? biarin yaa :P abisnya selama ini bikin rumah bali pake ilmu kira2 ngandelin brosang brosing di mbah gugel, ini itungannya juga masih mendingan soalnya biasanya biyyu dibawa ke proyek yang lebih enggak banget buat anak2. itung2 mendidik calon arsitek cilik sambil studi ekskursi kalo kata jaman kuliah dulu, jalan2 sambil survey hihi :))

dari sidemen sendiri kesini memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. desanya bersih dan sepi, jelas bukan tujuan utama wisata di bali yah tapi kita seneng soalnya jadi bebas tapi sopan nyelonong masuk n potrat potret rumah dan lingkungan sepuasnya. kami cukup terkesan dengan warga penglipuran yang ramah dan gak money oriented. ya kalii males amat klo belom apa2 udah dipalak suruh beli suvenir. 



mr. b sempet nyobain minum ramuan warna ijo butek yang katanya hasil campuran dari berbagai macem tanaman ples cabe. saya nyobain juga tapi cukup satu tutup botol aja, eh pak suwami malah beli satu botol. katanya enak kek rujak. oke deh sayang. klo aku sih mending makan rujak yang beneran ajah hihihi.

puranya cukup besar, kebayang klo lagi ada upacara pasti rame banget. padahal pengen deh liat upacara keagamaan di bali, pengen ngerasain keriuhan budayanya, sayang disana gak ada guide jd gada yg jelasin tipe2 pura yang undakannya beda2 itu. 

biyyu cukup seneng apalagi pas ketemu kentongan di balai warganya. dia lompat n muter2 kaya gasing sampe2 menarik perhatian seorang mbah biyung yang ada disitu. doi langsung ngedeketin n sambil ngomong bahasa bali (cos kita ga ngerti si mbah ini bilang apa yang artinya mungkin kek pen gendong), lucu sih tapi biyyunya ketakutan jadi meronta2 terus, untung gak sampe nangis.

disini beberapa rumah juga menyiapkan semacam wisma turis juga, mungkin buat bulai2 ato orang yang pengen melihat langsung kehidupan sehari2 warganya ato yang pen ikutan kemeriahan upacara keagamaannya kali yaaaa *sok teu*

No comments: