Pages

Mar 26, 2010

madubulan di lombok yang cantik :)

perjalanan madubulan kami dipertengahan pebuari lalu (pas valentine's day loh) boleh dibilang bonus. saya sama
mr.B ga pernah mempersiapkan secara kusus soalnya selain masih bingung mao jalan antara ke bali, lombok atau phuket, dana kita juga masih terbatas buat jalan sambil FOYA2 *dikapslok buat penekanan :D*. sebenernya saya sama sekali ga masyalah jalan ala bekpekeran gitu yang penting JALAN! maklum udah kering pisan inih di jakarta butuh penyegaran tapi si mr.B keukeuh surekeuh klo hanimun itu afdolnya kita seneng2 dan tanpa beban termasuk beban dalam hal ngeluarin duid.

alhamdulilah setelah buka2 angpao dan sdikit memperkosa celengan saya, ternyata kita bisa langsung berangkats. yeaaahh!!! akhirnya kita milih lombok n musti skip bali or phuket dengan pertimbangan ga mao ketemu banyak orang di tempat kita hanimun. begitu mr.B bilang okeh saya langsung gugling n membaca habis web yang kata kuncinya "pergi ke lombok". hotel dan tiket pesawat langsung dipesan seminggu sebelom keberangkatan. untung aja pas low session jadi ga terlalu susah waktu mo buking hotel n pesawat.

biarpun judulnya promo, tapi penerbangan ke lombok bisa dibilang lumayan mahal. mungkin karna ga banyak maskapai penerbangan yang melayani rute ke lombok. itulah kenapa saya sempet kepikiran mao ke phuket karna harga tiket PP berdua ke phuket bisa setengahnya harga tiket ke lombok. tapi gpp deh itung2 menyambangi salah satu pulau di endonesia kita tercinta ini bukan? saya bayar 2juta300rebu buat tiket ekonomi *PROMO* PP jakarta-mataram berdua pake lionair.

buat hotel tadinya kita ada niatan mao ambil paket di sa
lah satu web wedding, tapi begitu tau musti nunggu konfirmasi ketersediaan kamar kita jadi males. ah padahal udah kepincut sama kolam renangnya tuh. untung aja hotelnya punya web sendiri. begitu buka webnya saya makin pengen nginep disini dan langsung angkat tilpun buat reservasi di holiday resort lombok. hotel ini hotel bintang 4 tapi room ratenya lumayan terjangkau. kamarnya bersih, kamar mandinya okeh banget *kita mandi berdua terus loh, :">* dan pemandangannya bagusssss *kita pilih kamar yang diatas biar makin mantep memandangi lautan*. tamannya juga luas, terawat dengan baik n punya akses langsung ke pantai. meskipun tiap unit ga punya privat pool, tapi desain kolam renang utama menarik, buesaaaaaar dan langsung menghadap pantai. asoy banget dah pokonya! ga heran banyak bule kasih komentar macem highly recommended-lah, beautiful hotel-lah, good value for money-lah di asiarooms.com. kita pilih kamar garden chalet yang seharga 550rebu semalem.

gambar panorama hotel yang di comot dari asiarooms.com
lobby-kamar mandi-kamar tidur

seneng banget pas sampe hotel disana sudah ada nama kita di welcome board, trus dapet gift n dekorasi kamar yang tulisannya "happy honeymoon" wow! berasa spesial. saat ituh kita langsung nyesel beli tiket pesawat return soalnya suasana hotel yang peacefull bikin kita betah n jadi pengen nambah hari di lombok. tapi niat buat stay lebih lama terpaksa dibinasakan karena hanimun 3 hari 2 malem aja saya pake acara bolos n mr.B juga lagi banyak kerjaan, huhu.. eniwei staffnya ramah2 loh, tiap pagi semangat banget menyapa kita pake ucapan "selamat pagi!" ato "apa kabar!". bahkan kita juga disapa sama pasangan bule yang dah jadi opa oma padahal mereka juga tamu di sana. aiihhh keramahan2 sederhana kaya gini nih rasanya membekas banget di hati ya.

room decoration dan kita yang pose di balkon! :D

well satu2nya kekurangan
hotel ini *klo bisa disebut kekurangan sih* adalah harga makanannya yang relatif mahal belom termasuk pajak2 yang nyampe sekitar 20%. tapi yah namanya juga hotel, darimana dia bisa ngegaji staff2nya klo bukan dari tax2 ntuh. u ntung harga kamar including breakfast jadi klo ga mao rugi kamu bisa nongkrong di rinjani resto-nya dari jam stngah 7 sampe jam stengah 11 siang buat nyicipin berbagai macem pilihan sarapan. inget ya sayang, S-E-P-U-A-S-N-Y-A. mao sarapan ala bule yang pake roti2an bisa ato sarapan ala penduduk pribumi yang makan nasi goreng or bubur ayam juga boleh.

hari pertama. karna waktu di lombok lebih cepet 1 jam, meskipun penerbangan kita siang sampe sana ya jatohnya tetep sore. untung matahari lombok ga pernah malu2, jam 5 sore rasanya kaya jam 4 *lah klo gitu apa bedanya sama jakarta yak?*. sayang begitu sampe hotel, kondisi mr.B ga terlalu fit jadi hasrat saya buat berlarian ala lifeguard baywatch di pantai hotel harus ditahan sampe besok. kita juga makan malam di kamar dan menyaksikan sunset cuman dari balkon.

malemnya setelah mandi bareng *:"> hehe penting ga seh* kita jal
an2 di taman hotel. mampir di pool barnya n dikasi welcome drink campuran orange, pineaplle, n ginger juice yang rasanya manis, sedikit asem n pedes. seger!. ngobrol2 sm mr.B ditemenin suara ombak yang byar byur sambil makan tom yam gong berdua, roti perancis n hot chocolate rasanya nyamaaaaaan banget. tapi perasaan nyaman yang senyaman2nya ini bikin mata saya be rad akhirnya begitu balik ke kamar, saya sukses pingsan sampe pagi. paginya begitu liat kesamping ko mr.B tidur sambil merengut. haha.. dia ngambek. butuh setengah jaman buat minta maap n ngerayu biar dia ceria lagi. ternyata semalem dia tidur sama kebo. diapain juga kaga bangun2, kekekekek.
suasana resto dipinggir pantai, sepi n remang2
my hubby
me

hari kedua. hari kedua kita bangun pagi karna mao jalan2 di tepi pantai. suara ombak yang udah menggoda dari tadi malem bikin kita ga sabar buat turun n merasakan langsung pesona pantai sengigi yang katanya indah. dan nyatanya memang I-N-D-A-H!!. disini rasanya panca indera kita bener2 dimanjakan. pantai yang jernih, pasir coklat bersih, bau udara yang khas, suasananya sepi yang menenangkan, haaa bener ya kata orang me nikmati semua keindahan paling sempurna kalo ditemani seseorang yang paling kita cintai. ya madubulan saya rasanya hampir sempurna. :)

selamat pagi pantai senggigi
yeahhh ini di senggigi
:">

sayang kita ga bisa lama2 indehoy di pantai ini coz mao menuju ke pantai berikutnya di gili trawangan. 3 gili (yang artinya 3 pulao), salah satunya gili trawangan m erupakan salah satu spot terkenal di pulao lombok. letaknya di sebelah barat laut pulao lombok berdekatan dengan 2 gili lainnya. gili trawangan terkenal dengan pantainya yang berwarna biru turqoise, pasir putih dipadu dengan biru langit yang selalu cerah.ohiya, untuk menjaga suasana honimun yang serba santai n gak keburu2, kita sengaja ga ikut paket tour manapun. eh sebenernya pernah ding coba2 nelpon salah satu biro travel disana buat nanya paket tur sehari ke gili trawangan, ternyata seorangnya dikenai harga 450ribu bedua jadi 900rebu! gilingan apa! emang si nyebrangnya pake seedboat, kesananya pake inova cuma berdua kaya tuan n nyonyah, tapi makan siangnya pake nasi kotak trus mao snorkling sewa sendiri, mao sepedaan sewa sendiri, yaaaaa males banget.

setelah meyakini pikiran yodah-si-masih-di-endonesa-ini-sem
ua-orang-juga-masih-pada-ngomong-pake-bahasa-endonesa akhirnya kita sepakat mao kesana sini sendiri. untungnya orang lombok *supir taksi burungbiru sih* baik n ramah2. mereka informatif sekali nunjukin cara yang paling cepet menuju gili trawangan ato tempat2 wisata laen. kita juga di kasi tau bocoran nama toko yang jual oleh2 khas lombok yang harganya miring di pasar cakranegara sampe di anterin ke restoran ayam taliwang yang paling yahud di mataram. ohiya mending pake taksi burungbiru aja deh selaen supirnya ramah *percis guide* cuman taksi itu yang mao pake argo.

well akhirnya kita berangkat pake taksi ke bangsal (tempat penyebrangan dari lombok ke kepulauan gili). klo dari hotel ongkosnya 60 rebu dgn lama perjalanan sekitar 40 menit. jalanannya lancar n mulusy banget semulus pahanya revalina di iklan pembalut. jangan takut bosen sayang cos klo kamu nengok ke kanan mata kamu bakal menangkap pemandangan bukit2 hijau yang membentang n tebing batu yang eksotis, wuih! klo nengok ke kiri sepanjang perjalanan kamu bakal mengagumi garis pantai sengigi yang meliuk liuk sekseh, wow!

begitu turun dari taksi kita langsung disamperin sama penarik2 cidomo *dokar tapi rodanya pake ban mobil* yang ngrubungin kaya laler. sebenernya jalan bisa sih orang tinggal 500 meter lagi gitu ke dermaga tapi gpp deh itung2 tambah pengalaman naek alat transportasi asli endonesa. ongkos cidomo enih 15 rebu sekali jalan. itu udah di tawar dari harga 25 rebu, berhubung napsu menawar saya ga terlalu full yodahlah saya setuju n kita berangkatts!

ga sampe 5 menit naik cidomo kita dah sampe di tempat penyebrangan n langsung beli karcis perahu yang harganya 10rebu/org. perahu umum disini
mirip angcot kali ya cuman dia jalannya di laut. semuanya boleh naik dari turis asing, lokal maopun penduduk setempat yang bawa sayurmayur even binatang juga ada. perahunya ngetem sebentar n baru jalan klo penumpangnya udah banyak. biar gitu saya tetep ceria secara udah kenyang sama pengalaman angcot2 di jakarta yg klo ngetem berabad2. ohiya selain melayani rute ke gili trawangan perahu2 disini juga melayani rute ke gili meno n gili air.
pemandangan2 didepan mata

perjalanan di laut menyenangkan. ombaknya tenang, anginnya sepoi2, pemandangannya? yang jelas bikin tangan saya gatel pengen segera ceprat cepre
t cos that was something that i didn't see everyday. saking enaknya pengen rasanya merem sambil senyum cuman tengsin sama penumpang laen akhirnya merem doang ga pake senyum. hehe. setelah hampir 30 menit terlena sama ombak yang mengayun-ayun akhirnya penampakan gili trawangan kliatan juga. jarak 20 meter dari bibir pantai, lautnya udah kliatan jernih, dan subhanallah warnanya biru turqoise!

ternyata suasana gili trawangan terasa lebih hip dan "hidup" dibanding lombok. banyak homestay2 lucu n menarik yang letaknya langsung di depan pantai. beberapa homestay malah nyetel lagu barat kenceng2 yang bikin suasana lebih semarak. sejauh mata m emandang dimana2 ada bule, bersliweran pake baju selam, bikini, hotpants, malah ada yang topless. aarrghh!! pemandangan yang membahayakan dan menyesa tkan buat mr. B secara bodi mereka delicioso semua, huh!

dipulao ini ga ada kendaraan bermotor, adanya cuman cidomo sama sepedah. kita langsung sewa sepeda buat muter2 pulo sekaligus nyari tempat yang lebih sepi. sewa sepeda berdua selama 3 jam-an sekitar 50 ribu. sejamnya klo ga salah ceban deh. saya hepi banget gowes berduaan sama mr.B. bawaannya mao nyengiiirr mulu, cuman jalannya agak berad so alnya tanahnya berpasir jadi harus pake tenaga ekstra buat ngayuh gowesan sepeda. di perjalanan kita nemu pohon besar di tepi pantai. kayaknya pas banget buat tempat beristirahat cos udara makin panas. leha2 sebentar sambil menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih, langit, laut yang biru dan yang paling penting sepiii ga ada bule2 topless yang bersliweran. penting banget ituh. setelah puas ngobrol sambil tiduran, akhirnya kita memutuskan buat segera nyemplung ke laut.

berbekal alat snorkling sewaan seharga 20 ribu seorang kita snorklin
g bareng. ahhh seru banget!!! berenang berdua sambil pegangan, ngeliat ikan2 kecil kejar 2an di antara karang2, rumput2 laut yang melambai2, aroma n rasa air laut yang asin, uhh rasanya masih bisa saya rasain semua. love that moment berimuch! bosen sama spot itu kita gowes sepedah lagi nyari tempat laen. kita snorkling di tepi pantai yang dalemnya cuman sekitar 1 meteran walopun sebenernya ada perahu kusus *musti nyewa* yang bisa nganterin kita snorkling di tempat yang lebih dalem. cuman kita mikirnya nanggun g amat ke tempat dalem tapi ga diving. dan iyah! akhirnya kita berjanji laen kali klo maen kesini lagi harus diving dan untuk itu kita berdua harus sering latian berenang.
snorkling time!

acara snorkling harus udahan cos kata
mr.B kulitnya kerasa perih n penampakannya merah kaya udang rebus. masyaawoooohh, saya lupa kasih dia sunblock! dooh maap ya sayangkuuu... kita langsung bilas ditempat kita nyewa alat snork, dan ternyata aer bilasannya tetep aja asin, yuck! jadi males deh mandi lama2. setelah bilas n ganti baju kita gowes la gi ketempat perahu2 yang nganterin kita ke lombok. abis balikin sepeda kita nongkrong di saung yang ada di sana sambil nunggu jadwal perahu balik. karna hari itu kita berencana mau makan ayam taliwang yang ada di lombok jadi digili trawangan kita cuman makan bakso yang rasanya so-so lah.. eh banyak bule yang ngerubungin gerobag bakso itu loh. ada yang emang niat mo beli, ada yang motret2, malah ada yang cuman ngeliatin si ibu penjual ngeracik baso, ckckck.. buat bule2 pemandangan langka kali ya.

gak lama setelah bakso kita abis, perahu yang mau berangkat ke lombok akhirnya dateng juga. hmm.. kecapean snorkling, perut kenyang, angin cepoi2 dan duduk sambil senderan ke dada mr.B bikin mata saya berad. rasanya sebentar banget ada di laut abis itu udah nyampe lagi di bangsal. dari bangsal kita naik taksi
*tetep burungbiru* ke mataram karna tujuan kita adalah beli oleh2. kenapa langsung beli oleh2? alesannya adalah karna kita ga mao ribet2 sm urusan beli oleh2 di hari terakhir kita di lombok. well untuk urusan oleh2, di lo mbok emang harganya lebih mahal sedikit dibanding bali. mungkin karna ga banyak pasar pariwisata kali ya klo pun ada pasti levelnya buat bule2. makanya kita ga cari oleh2 di tempat2 wisata kita langsung ke pasar cakranegara. sayang pas sampe sana kebanyakan toko tutup karna bertepatan sama imlek jadi saya cuman beli susu kuda liar sama manisan2 dari rumput laut.

lama perjalanan dari bangsal ke mataram sekitar 1 jam dengan ongkos taksi sekitar 90 ribu. pulangnya mampir ke rumah makan ayam taliwang *saya lupa namanya T_T* yang di rekomendasiin sm mas2 supir taksi kita. masih di daerah mataram juga sih, ga terlalu jauh dari bandara selaparang. enak! dan itungannya murah karna seporsi cuman 20 ribu lengkap sm plecing kangkungnya. bandingin
sama harga seporsi ayam taliwang di hotel 75 ribu blm termasuk tax. beuhh.. langsung deh kita beli 2 bungkus buat makan malem. cita rasanya ASELI pedes. aseli bikin lidah menjulur2, ingus meleler n mata ga brenti kedap kedip kepedesan, maknyost! :9

kita sampe di penginapan pas maghrib. capek, lengket (karna mandi air garam), perih (mr.B sih, klo saya engga) bikin kita pengen cepet2 berendem bersama pake aer anget di bathtub. hmm.. nyaman banget. malemnya kita duduk2 di balkon, minum hot chocholate berdua sambil denger suara ombak n
sebelom bobo niat mao nonton tv kabel eh malah akhirnya kita yang di tonton tv. hehe.

hari ketiga. inilah hari terakhir saya dan mr.B di lombok. berhubung jadwal penerbangan kita masih jam 5 sore nanti, jadi hari ini agendanya adalah santai, santa i dan santai. begitu bangun tidur yang pertama saya tuju adalah kolam renang. sayang mr.B ga bisa ikutan kecipak2 cos katanya cape yang kemaren masih belom ilang. asiknya kolam segede gitu saya doang yang berenang, puas banget berendem di kolam jacuzzi. semua kaya milik akuuuuww! hehe. abis mandi saya n mr.B sarapan di rinjani resto. puass juga makan ini itu secara sarapan kemaren kan buru2 karna mo langsung cabut ke gili trawangan. bisa dibilang itu adalah sarapan terlama saya. dari jam 9 pagi sampe jam setengah 11. omelet, pancake, nasi goreng, mi goreng, sereal, bubur ayam, wafel, roti panggang, salad, kopi, teh, jus mangga semuanyaaa saya cobain dikit2. bodo amat deh dibilang maruk juga, hehe.

kenyang sarapan saya n mr.B jalan2 menuju ke pantai lagi. klo saya perhatiin biarpun pasirnya coklat terang ternyata pantai senggigi yang didepan hotel ini ga kalah sama pantai pasir putih di gili trawangan. kenapa ya? apa karna suasananya yang sepi kali ya.. jadi rasanya peacefull banget. disini saya n mr. B cuman tidur2an di atas pasir. emfukk n adem karna kita dinaungin pohon2 dan di belai2 sama angin. wuih..

dari kejauhan saya bisa liat ada pemijat2 kaki, penato2 (kedengera nnya aneh ya), n penjual suvenir2. whoah darah muda saya langsung mendidih (apa seh
hihi), maksutnya udah gatel pengen segera nyamperin. cuman mr.B ga ngebolehin saya pergi jauh2 cos disini kita SEDANG BERSANTAI! yodah deh saya manut aja sambil te tep ngeliatin mereka dari kejauhan brusaha ngasi sinyal yang kuat klo saya tertarik sama mereka. alhamdulillah akhirnya para penjual suvenir2 itu perlahan tapi pasti nyamperin kita. hehe. sayang sinyal saya ke pemijat n penato ga sampe, tapi tak apalah para penjual suvenir2 itu udah cukup bikin saya kalap.

jacuzzi terbuka di kolam renang hotel
mr. B n mrs T sedang bersantai
kalap beli aksesoris buat oleh2

saya borong segala macem gelang etnik mutiara n kain pantai buat sodara2 sedangkan mr. B beli kalung etnik n kaos buat di bagiin ke temen2. untung harganya ga terlalu mahal. lagi2 katanya gara2 low session jdi mereka juga ga berani kasi harga yang mahal2. ohiyaa lombok itu penghasil mutiara jadi klo kesono jgn lupa beli mutiara yaa. buat mamah2 saya, saya beliin tasbih mutiara, mr.B juga mao beliin cincin buat saya, sayang cincin2 disono gede2 semua, mungkin berpatokan sama jari2 bule yang segede2 jahe kali.

setelah abang2 penjual itu pergi kita lanjut bobo siang lagi. hwaaaa klo inget jam 3 musti check out rasanya saya ogah bangun. tapi yah lombok kau hanya persinggahan, kehidupan nyata ada di jakarta. akhirnya setelah beberes n menyelesaikan administrasi kita cabut juga dari hotel, huhuhu.. kita di jemput sama mas musaf (mas2 supir taksi burungbiru yang
kemaren nganterin kita muter2 mataram n dah kaya guide) buat mampir makan siang di saung yang dese rekomend jual seafood bakar yang enyak. menunya paketan ikan, udang, cumi n kerang bakar yang jadi satu, weh mantabbb! lengkap!:9. tadinya kita pengen ngajak si mas musaf ini makan bareng tapi dese nolak setengah mati, yodah deh kita bungkusin aja, pas dikasi itu aja kata dia buat makan sama supir2 lain di pool. waa mas2 yang baik :)

habis makan, gak sampe 30 menit kita sampe di bandara. setelah dadah2 sama mas musaf kita siap2 check in. selama nunggu di boarding lounge saya diajak ngobrol sama bapa2 yang tertarik sama susu kuda liar saya. ternyata dia asli sumbawa, bekerja sebagai peternak sekaligus pemerah susu kuda liar. dia minta ijin buat memeriksa kondisi susu saya (heee) dan katanya masih bagus. sisanya dia panjang lebar jelasin manfaat susu itu. haha.. tetep ya di menit2 terakhir masih ketemu sama orang lombok yang baik, syenang! :)

waaaaaaww kayaknya ini adalah akhir tulisan yang saya tulis selama berminggu2. untung cuman 3 hari 2 malem coba klo seminggu pasti bakal lebih panjang lagi, hehe. saya gak kasih detail biayanya ya kamu2 pasti bisa memperhitungkan sendiri. intinya saya merasa bersyukur dikasi kesempatan buat ngerasain madubulan yang indah terus pengen membagi cerita juga informasi yang selengkap2nya karna hanimun di lombok ini berkesan banget. dan arrgghhhh!!! klo inget hotel ini saya kingetan sama kupon free massage dari receptionis yang belom saya pake, huwaaaa T-T *nangis guling2* kapan2 saya harus kesini lageeeeee...

e v v a said...

hohoho.. seruuu.. kupon free messagenya buat akuh aja sini :p

ega said...

tyaa
rekor..panjang skalii postingannya, ampe ngos2an bacanya hihihhii *lebay
tnyata alam indonesia tuhh indah2 yaaa...ga kalah ama luar..jd klo ada budget utk jalan2, coba eksplor tmpat2 yg unik di indonesia..trus diposting de...jd makin terkenal indonesianyaa

yudhi puspa tia said...

@mba evva: hiyaaa dah aku luluh lantakkan kupon itu mbaa, heheh sakit ati klo inget :P
sudahlah kau kesana aja mba dijamin bahagia :D

@ega: ahahahahahahah ember say.. harusnya dikasi red alert ya klo ini postingan bakal panjang kaya kereta. hihihi egah ayo sana ke lombok suasananya asooy banget buat berduaan, pengen si kapan2 menjelajah endonesa lagi, hyuuuuk :)

Anonymous said...

wuuuu....keren banget blognya!!!!
*bikin ngiri yang udah honeymoon*

jadi pengen ke lombokkkk!!

felicity said...

Wah seru banget ceritanya... Jadi berasa ikutan le Lombok dan bernostalgia ke tempat2x di atas (dulu ke sana tahun 2006)...

Buat saya kunjungan ke Lombok sangat berkesan karena alamnya yang masih lumayan belum terpolusi dan turis yang belum seheboh Bali

yudhi puspa tia said...

@ mba retri, hehehe ke lombok bukan dalam rangka hanimun juga seru mbaaa, kamu bebas berlarian or berenang ala lifeguard baywatch loh..
awas digebet bule secara bulenya buanyaaaaakkk, hihi

@ mba feliiiii, bener banget tuh mba makanya aku pilih lombok gara2 alesan ntuh, sebenernya pengen lanjut ke sumbawa or flores tapi kapan2 deh ;p

yuuu barengan ke flores or sumbawa yuuu

titiw said...

Beuuuh.. gaya bangettt!! Pantes gak pernah ada kabar berita.. (apa sih..? gak nyambung).. Seru seru seru!! lombok ciin!! AKu belum pernah ke sana tuh!! Cuma foto2nya kurang gede dan gelap2!! Narsis dikit ngapah??! Nyahahah.. mantep nih baru jalan2 dikit ajah langsuuung tekdung.. hihihihihi.. ;)

yudhi puspa tia said...

hahaha maap yaahhh abis gimana dong cyiiinn!! disana endah nian jadi ga sabar buat pamer2 hahaha..

tenang nanti aku doain kamu segera secepatnya melenggang di lombok, sukur2 diajak kawin sama bule, huihihih ;p