Pages

May 20, 2011

6m4d biyyu



biyyu
17 05 2011
6 bulan 4 hari
8.3 kg
68 cm
daaaaaaannnnn....

SARJANA ASI!!
:) :) :)

horeee!! milestone pertama udah terlewati dengan aman. mudah2an bisa terus kasi asi sampe 2 tahun. AMIIIINNN!!

sedikit kerikil yang akan jadi pelajaran banget adalah jangan pernah menyepelekan apa2 nasehat dari para ibu senior yg bilang "asix = perjuangan". iyes. dulu saya pernah jumawa klo perjalanan asi eksklusif baby biyyu akan semulus pantatnya. asi saya banyak, onderdil menyusui cukup ergonomis, biyyu gak pernah bingung puting, we both very happy and enjoy this beautiful breastfeeding process. gak ada masalah sampe ketika... cuti saya habis.

bisa ditebak sebenernya. baby b keenakan nenen langsung jadi dia menolak segala macam bentuk puting tiruan. mulailah drama dia yg nangis n ngamuk2 setiap kali dikasih asip via dot ato sendok ato di pipet ato sippy cup. sebenernya masuk sih dikit2 tapi dia lebih milih bobo siang yg lama (biar gak mimik cucu) untuk kemudian bangun di sore hari dan malam buat bales dendam nenen sama saya. saya oke dengan ritme hidupnya yang baru. toh doi tetep aktif, ceria dan kenaikan berat badannya tetep sesuai standar malah agak berlebih.

ternyata neneknya, kakeknya, budenya (for me, they're mama mer, bapa mer, kk ipar) ga tega liat biyyu puasa gitu. mereka mulai mempengaruhi saya untuk kasih susu formula karna -menurut mereka- asi perah saya gak enak makanya biyyu gak mw ngedot. gara2 gak bisa protes dg bebas (akyu kan menantu di rumah ityu, huhu) akhirnya saya cuma bisa galau terus glumi2 gak jelas tentang masalah susu persusuan ini sampe suatu ketika mr. B turun tangan dan dengan tegas bilang klo doi lebih baik minta saya brenti kerja daripada anaknya minum sufor.

kalo baby B minta nenen


alhamdulilah mereka mulai ngerti n brenti ngojok2in minum sufor tapi nyuruh biyyu memulai mpasinya di usia 4 bln. haiiiyyaaaaa!! yasudahlah. daripada terjadi pertumpahan susu eh darah dimana2 akhirnya saya setuju *mantenging web wholesomebabyfood* *cek bolak balik buku gizi* *baca bismillah* baby b mulai makan bubur susu sehari sekali sebagai kompensasi dari sedikitnya dia minum susu ketika saya bekerja.

fyuuhh!! ribed ya ternyata jadi emak2 *elap kringet* *cium ketek* *yess! masih wangi* *ngetik lagi* (bagian ini sebenernya perlu gak siihh?)

ah ya buat yg wondering kenapa neneknya biyyu ini mengintervensi banget gaya pengasuhannya adalah karna memang blio yang ngasuh baby b sehari2. dan doi udah terkenal seantero jagad tetangga komplek klo master dalam hal pengasuhan bayi dan balita. yeh. dan tiba2 ada anak kemaren sore yg baru hamil sekali, nglairin sekali, bawel banget masalah pengasuhan bayi dan tetek bengeknya. i know pasti doi merasa 'ini anak reseh banget'.

btw jangan salah pengertian yaaa mama mertuwa akuh ini baiiikk n doi sayang banget sm biyyu makanya saya -akhirnya- ikhlas berbagi gaya pengasuhan dengan blio. malah klo bisa kita harus jadi tim yg kompak. bukan begitu ceman2? *ah aku ini bijak sekali* *ditoyor orang seRT*

enihooo... sekarang setelah usianya 6 bulan, usia dimana baby B sudah secara SAH dibolehkan untuk memulai mpasi apakah dia tetep cinta sama nenen saya? jawabannya : IYA. TEUTEUP. meskipun dia mulai mpasi duluan, sampe sekarang doi blom ngerti banget konsep makan. klo laper ya mawnya nenen. jadi dia disuapin justru dalam kondisi hatinya senang dan agak kenyang. klo gak pasti ngamyuuk (-__-").

gak heran sih soalnya selama disuapin mbahnya acara makan kaya dicekokin gitu (ciri khas orang dulu biar bayi makannya lab leb, cepet, tuntas, dan tandas). beda banget sama kecendrungan mama2 sekarang yang sudah mengadaptasi beberapa pengasuhan gaya barat spt membiarkan baby mengeksplorasi makanannya sendiri sehingga meminimalisasi gerakan tutup mulut juga menghindari seorang anak tumbuh jadi picky eater.

akuuuu gak sabar pengen jalan dan guling2an ;)

this is motherhood,
motherhood oh motherhood...


*barusan telpon mama dan dapet berita klo baby B mogok makan alpukat padahal kemaren makan2 aja... haduuuuhh naaak, alpuket kan enaaaakkk T___T




4 comments:

Megawati said...

aduuhh betisnyaa, pengen dimamam deh ama tanteee...hihihihi
itu boneka kudanya yg waktu itu yaaa?? lucuuu...

btw selamat ya biyyuuu...pinter bgt bs smpe jadi srjana asi...ntr lanjut S2 dan S3nya yaaa...mpe 2 taun mimik asi. smga adek allena jg yaaa

ayoo smngaddd!

btw, ini yg ke kebon raya kmrn yah yaw? nexttime kite bareng2 yuuuukkks

yudhi puspa tia said...

hyuuuu bareeengg!! kita temuin bayi2 kita, biarin allena kenalan sm biyyu yah terus pacaran hahaha *ambisi emak2*

btw makaxi yah tante egah doanya. ayo smangat sama2 biar kita terus rajin mompa >>> kunci sukses kasi asi mpe 2 thn :)

R -Winarso said...

tya, sumpah gw sedih biyyu udah mam sebelum waktunya..:((

yudhi puspa tia said...

hahaha *ketawa getir*
kamu kan udah aku ceritain selengkapnya mbae, udin deh aku terima ini sbg bagian dari motherhood ..