Pages

Sep 17, 2012

family menu: tips n trick!







tongseng ayam, tumis kapri-jamur, udang saus mangga, ayam saus asam manis, tumis bihun jagung, n last but not least telor mata sapi, lauk favorit mr. B sepanjang masa. sungguh gada yang susah becos saya gak punya waktu banyak buat ngutek lama2 di dapur. jaman sekarang emang banyak bumbu instan tapi entah kenapa saya gak pernah napsu sama bumbu2 model gituan. tetep aja kan ya ada pengawetnya dan rasanya gak seenak klo ngulek bumbu sendiri. in my humble opinion looohhh...

maka dari itulah mamak2 sekalian, saya mw berbagi beberapa tips n trik buat mamak2 yg ingin tetap bisa memasak sebelum pergi bekerja, yaituuhh:

1. pilihlah menu yg praktis dibuat tapi pasti enak. klo kira2 bikinnya ribed mending di eksekusi pas wiken aja. sukur klo enak klo gak enak kan mubazir juga buang2 waktu cyiin. ngerti sih kita pengen pamer bisa bikin beef steak buat org serumah tapi klo jdnya kesiangan terus denda keterlambatannya makin bererot sapa yg rugiii *colongan* ...  jd bijaklah dalam hal pilih memilih menu. oiya memilih menu yg gampang tapi enak jg sangat berguna ketika harus masak solo sebab sedang dikhianati art alias asisten kesayangan yg kita kira soleha, cuiiihhhh.. percayalah rasa sakit atinya sama kaya dikibulin pacar.

2. stok daging-ayam-ikan-udang-cumi dalam lemari es untuk persediaan seminggu. jd kita tetep punya variasi menu tanpa harus bergantung kepada mamang sayur yang kdg dateng kdg engga. klopun dtg kita masih harus berjuang rebutan lauk sama mamak2 laennyah loh, lagian klo masaknya nungguin mamang sayur dlu bisa sampe kantor jam 11 siang, gpp siy tapi lakukanlah bila kita sudah jadi direktris perusahaan papan atas.

3. siapin bawang merah n bwg putih yg udah dikupas2in, cabe yg udah dibersihin, kaldu daging, juga bumbu ayam goreng yg udah diulek (kemudian dimasukin ke wadah tertutup). sangat2 menghemat waktu memasak karna ga usah ribed2 ngupasin bwg, cuci2 cabe or ngulek bumbu klo sekedar mw goreng ayam or ikan. klo bosen sm goreng2an, ayam, ikan or udang bisa dibumbuin pake keprekan bwg putih, jahe, lada n garem digoreng pake mentega n disiram pake saos tiram or asam manis yg praktis dan cencu saja enyak. 

4. bangunlah sepagi mungkin jangan males. ya kali bangun jam 7 padahal masuk kantor jam 8, mana sempet masak maaakkk. di bagian ini saya masih lemah tapi kan saya punya alibi yang kuat karenaaa masih bangun tengah malem buat lanjut lembur kerjaan or sekedar nyiap2in bahan masakan buat dimasak besok paginya. makanya jangan ngiri ya klo bodi saya makin mengkerut kerut sekseh gimanaaa gitu dan oh walopun kita orang punya kantong mata yg gedenya nyaingin esbeye tapi bisa dicombine sama riasan ala smokey eyes yg lg hits, mayan irit eyeshadow cos bagian item2nya tampak alami, hehehe

udah ya segitu dulu, nanti mamah sambung lagi di lain kesempatan, dadaaaaaaaggghhhhh...*tos sutil*


3 comments:

ega said...

ohh aku mencium nada curhat ttg ART disiniihh... ihihihih
coba mamah tyahe, itu postingan resep yg gampil buat newbie diperbanyak..hihihihi

semamngaddd!
eh aku suka itu cat dengan motif cevron, lucuuu

titiw said...

Tipsnya sih okeee.. Tapi mengapakah foto2nya tampak tidak menggiurkan.. Hemm.. *digampar sutil*

yudhi puspa tya said...

@egah : iyaaahhh hihihi bagian curhat art klo mw ditulis bisa 3 session jd brubung aku udah muvon ngepost yg agak2 berguna ajah, hehehe

haish amatiran beginih ditodong resep gah gah X)

@titiw : hwuahahah asyemm biarin wekk biarpun gak menggoda bin menggiurkan yg penting chefnya teteap menggoda #aposeehhh *timpuk sutil ke titiw*