Pages

Jul 23, 2013

maen sama biyyu

saya dan mr. b selalu berkomitmen untuk selalu jadi sparing partner maennya biyyu. biasanya gantian cos bocah kecil ini energinya banyak. maenan kesukaannya adalah mobil molen ato mobil pengaduk semen (dia punya koleksi dari yg ukurannya paling mini sampe ukuran yang bisa dinaekin sambil slalom). kesukaan lainnya adalah robot. cuma gak enaknya pilem robot itu kan selalu mengisahkan tentang pertempuran antara si robot jagoan dan robot penjahat. gak heran biyyu jadi keranjingan maen branteman.

kalo doi udah mw maen branteman saya nyerah *sodorin bapanya*. mayan banget ditimpah or ditendang biarpun cuma pura2. sebenernya mama-semi-macan ini agak was was secara doi kan masih umur 2 taunan lebih, meskipun setiap nonton kamen rider rx selalu kita dampingi dan kasi tau klo itu cuma pura2 lama2 ngeri juga kan ya bok klo tiba2 dia nendang anak tetangga. untungnya mr. b cukup tegas n berani menghukum biyyu kalo doi udah mulai berani getok2 si ninik (korban sementara). abis dihukum n nangis sebentar biasanya dia pergi minta maaf sambil bilang "maapin biyyu ya mba ini, abis biyyu gemes" pengen ngakak gak sih x)


akhirnya sekarang saya memutuskan untuk membatasi tontonan pilem robot buat biyyu. same thing kaya kami (akhirnya juga) tidak mengijinkan biyyu maenin ipad karena dia gak pernah mw kompromi (baca: nangis gegulingan) kalo ipadnya diambil. betewe kenapa gak dikenalin sama buku biar demen baca mak?? udaaaaaahhh!! tapi seperti yang pernah saya ceritain disini biyyu belom into the buku. daripada dipaksa trus jadinya dia trauma malah benci kan ribed yah. masih untung dia masih mau duduk diem selama 5 menit klo dibacain walopun abis itu bukunya disobek T_T 

kemaren pas ke toko buku si bocah bilang : "ibu jangan beli buku yah kita beli kaset robot ajah" -____- udah dipegang2 tuh kaset ultramen ga mau dibujuk pake buku,  untungnya pas bayar bisa saya tuker sama kaset petualangan si olly. fyuhh...


buat kami parenting itu gampang2 susah. siapa sih yang gak kepengen nyenengin anak? tapi kalo si anak jadinya manja, belagu trus gak bisa diatur amit2 jabang baby deh. apalagi saya dan mr. b adalah hasil didikan dari papah dan bapa yang keras. saya inget dulu si papah itu sangat pelit meni medit kaya tuan takur. berapa kali kami berantem dan saya sebel banget karena saya harus jadi pihak yang baik2in doi karena saya butuh duidnya (haduh maap ya papahkuuu). saya suka iri sama sepupu saya yang gampang banget dapet duid or ijin pacaran dari bapanya sampe akhirnya keirian saya berhenti waktu tau sepupu saya ini hamil di kelas 3 SMA... sedikit2 saya makin ngerti kenapa si papah keras walopun dulu saya ga pernah bisa ngobrol apalagi sobatan sama doi seperti sekarang. saya cuma bisa bersyukur karena dengan sikapnya yang ternyata mendidik itu bikin saya cukup kuat dan tahan banting (dalam menghadapi kejamnya dunia *duileh*).

semalem sempet ngobrol ngalor ngidul lagi sama si papah trus tau2 nyambung soal pendidikan anak, yang mana akhirnya doi ngasih saya beberapa nasehat semacam:
  • "berapapun banyaknya uang kamu jangan pernah kasi anak uang yang berlebihan. secukupnya ajah, dihitung baik2 pokonya jangan sampe ada celah buat anak maen2 sm uang"  
  • "kalo ayahnya marah jangan pernah sekali2 kamu bela anak didepannya. bantu anak mengerti kalo ayahnya marah karena kelakuan si anak bukan pribadinya. atau sebaliknya"
  •  "lindungi anak tanpa terlihat. pantau dia tapi jangan terlihat. lihat dia tetep jangan sampe terlihat"

dulu diantara kata2 ngomelnya si papah pernah bilang "kamu belum tau rasanya punya anak, suatu saat ngerasain gimana beratnya mendidik anak" dan iyah. berat pake banget. padahal kami cuma ingin agar biyyu jadi lelaki yang kuat, peka dan bertanggung jawab dalam arti yang sebenarnya. dan kami selalu ingin menjadi sahabatnya di berapapun usianya nanti. keinginan yang sederhana tapi besar. doakan yah!

6 comments:

Yudhi Retno Ayu said...

Awww.. papah is the bessstttt laaah pokoknyaaaa.. I love him to the moon and back!

yudhi puspa tia said...

halaaahhh kamu bisa betemen sama si papah aja pas udah lulus kuliah juga kaannn

ega said...

aahh engkongg! parents are always a good teacher yah!

berat yah yaheee tnyata jadi orang tua, dan itu jg yg bikin gw mikir2 nambah anak, ya Allohhh berat banget amanatnyaa...huhuhuhu

semangad yahee!

yudhi puspa tia said...

iya gah baru kerasanya sekarang ya gimana susahnya mendidik anak. waktu masih bayi dia belum berdaya sekarang udah todler krasa banget kemauan2nya yang kadang beda sm kita.

gw sering banget bilang "jangan" saking banyaknya yang aktivitas yang agak membahayakan buat biyyu. ahh ayo smangat juga gaheee!

Opi said...

Living room paling cantik yang pernah aku liat. :')

yudhi puspa tia said...

waaaaa terharu dibilang kaya gitu :") makasih opiiii, halo halo halo! hihihi